oleh

Teguh Setyabudi Kunjungi Makam Mantan Raja Mekongga

-FEATURED, Kendari, KOLAKA-100 dibaca

KENDARI – Sebagai seorang Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi selayaknya ziarah ke makam Sangia Ni Bandera selaku mantan Raja Mekongga.

Ziarah tersebut merupakan rangkaian Safari Ramdhan Pj Gubernur Sultra di Kolaka.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik, Harmin Ramba mengatakan, ziarah Pj Gubernur Sultra di makam Sangia Ni Bandera dilakukan pada Selasa pagi (29/08/2018).

“Pj Gubernur didampingi Pjs Bupati Kolaka dan diterima dari Dikbud Kolaka. Ziarah belianu ke makam Sangia Ni Bandera adalah merupakan tradisi seorang pejabat atau gubernur jika menginjakkan kaki pertama kali di Kolaka,” tulisnya saat dihubungi via WhatsApp.

Harmin menambahkan, Pj Gubernur Sultra melakukan “Mombesara” yang arti dalam Bahasa Indonesaianya adalah meminta izin kepada Sangia Ni Bandera.

“Beliau melakukan mombesara, artinya meminta izin ke Sangia Ni Bandera. Setelah itu beliau melakukan ziarah lazimnya,” jelasnya.

Dalam agenda ziarah itu, Teguh Setyabudi membasuh muka dengan air yang ada pada gendi.

Harmin menjelaskan, air dalam gendi itu konon ceritanya, jika Kolaka kedatangan seorang pemimpin maka akan membawa manfaat untuk masyarakat Kolaka.

“Karena menurut cerita juru kunci makam, biasanya gendi di musim hujan tidak berair tapi pas kedatangan beliau gendi tersebut berisi banyak air. Sebagai info gendi tersebut seumur dengan makam Sangia Ni Bandera,” beber Harmin.

Setelah itu, beberapa pejabat ikut membasuh muka baik pejabat provinsi maupun pejabat setempat.

Membasuh muka diikuti oleh pejabat lainnya hadir dalam kunjungan itu, Pjs Bupati Kolaka, Kepala BKD Ibu Endang, Kadispora Sultra Jaya Bakti, Kaban ESDM Sultra, Asisten I Setda Sultra Sarifuddin Safaa, Kepala Balitbang Provinsi Sukamto, Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik, Harmin Ramba dan pejabat Pemda Kabupaten Kolaka.


Reporter : Rahmat R

Terkini