Reza Nugraha: Lagu “Kolaka” untuk Tanah Wonua Sorume

Reporter: Taswin Tahang

KENDARI – Pegiat seni di Kabupaten Kolaka kini mulai menampakkan skill mereka dengan mempersembahkan hasil karya asli ciptaan sendiri, salah satunya lagu Kolaka untuk Tanah Wonua Sorume Kolaka Meambo.

Pencipta lagu, Reza Nugraha menjelaskan, lagu berjudul Kolaka sudah dirilis sejak 2019 bersama dengan terbentuknya Band Projek 30 dengan tujuan meningkatkan kemajemukan daerah yang kaya akan sumber daya alam, serta keanekaragaman suku dan agama.

“Untuk mempersembahkan karya dari kami pegiat seni khususnya seni musik untuk daerah yang dulunya merupakan wilayah kerajaan mekongga,” jelasnya.

Lagu Kolaka ini juga mendapatkan respon positif dari masyarakat yang ditandai dengan antusias masyarakat Kolaka menonton video clip yang disebarkan di YouTube.

“Dalam waktu tidak sampai satu hari sudah 2 ribu lebih penonton dan sekarang sudah 5.117 ribu kali ditonton,” ungkap Reza.

Dalam pembuatan video clip lagu Kolaka, Reza bekerja sama dengan Sanovra dan teman pegiat seni musik lainya.

Sanovra menjelaskan para pegiat seni di Kolaka belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, sehingga para seniman asal Bumi Mekongga masih sedikit yang bisa terus berkarya untuk daerah.

“Karya ini demi menaikkan nama Kabupaten Kolaka, walaupun tak didukung oleh pemerintah, namun kami akan tetap berusaha untuk tanah wonua sorume,” tegasnya.

Ia juga berharap kedepan Kolaka makin dikenal, banyak yang tersadar untuk menjaga kekayaan yang dimiliki untuk dimanfaatkan demi kepentingan masyarakat kolaka dan pembangunan kota kolaka yang jauh lebih baik.

“Lebih kreatif baik dalam hal pembangunan maupun hal lain dan menjadi kota moderen melalui otak kreatif, serta generasi muda dengan tujuan serta niat bersama menjaga dan memajukan kolaka dengan tulus,” pungkasnya. (B)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total