oleh

Rekrutmen Petugas Haji Kolaka Ala Tes CASN

Reporter: Taswin Tahang
Editor: La Ode Adnan Irham

KOLAKA – Kementerian Agama Kabupaten Kolaka menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) ala seleksi CASN, pada perekrutan petugas jemaah haji.

Ketua Panita, Muh Alias mengatakan, bedanya dengan tes CASN yang menggunakan komputer, tes rekrutmen petugas haji memanfaatkan gawai masing-masing peserta. Setelah diberi kode untuk login ke aplikasi mengunakan gawai mereka masing-masing, peserta akan mendapatkan soal berbeda-beda.

Tes itu diikuti 14 peserta terdiri dari 11 pria dan tiga perempuan. Dari 14 itu akan memperebutkan tiga kuota yang dibutuhkan.

Salah satu peserta tes, Sahwan mengungkapkan perasaannya biasa saja saat mengikuti. Ada 100 soal yang harus mereka jawab.

“Lebih bagus ini karena langsung hasil dari pengerjaan kami berapa yang betul dan yang salah. Bisa ki langsung liat setelah kita tutup aplikasinya atau terhenti otomatis karena waktu tes habis,” paparnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka, H Abdul Aziz Baking menyebut, peserta yang nantinya lolos, akan mewakili Kolaka untuk mengikuti tes di Kemenag Provinsi dan bersaing  dengan peserta dari kabupaten lain.

“Mudah-mudahan dari tiga kuota ini nanti ada yang bisa lolos di tingkat provinsi, sehingga dia bisa menjadi petugas haji 2020,” pungkasnya. (A)

Terkini