Pemuda di Kolaka Racik Pembersih Tangan Campuran Jeruk Nipis dan Daun Sirih

Reporter: Sulyamin / Editor: La Ode Adnan Irham

KOLAKA – Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka bersama Pelajar SMAN 1 Toari meracik hand sanitezer atau pembersih tangan berbahan Jeruk Nipis, Air Mineral dan Daun Sirih, di posko terpadu pos lintas Kolaka-Bombana.

Racikan itu nantinya akan dibagi-bagi kepada warga. Ketua KNPI Toari, Muh Syahminan mengatakan, cairan itu dibuat setelah dapat bimbingan Edi ilimu S.pd M.si, yang sudah melakukan hal serupa dan dibagikan ke Universitas 19 November.

“Saat ini handsinitizernya sudah sekitar lima liter dan target kami sebanyak-banyaknya. Kami rencana akan bagikan kepada seluruh pemerintah desa secara gratis,” tuturnya.

Pria yang akrab dipanggil Anank Ramli ini juga mengatakan, antiseptik itu juga akan dibagikan kepada masyarakat khususnya nelayan, petani dan peternak di Kecamatan Toari.

Pemuda di Kolaka Racik Pembersih Tangan Campuran Jeruk Nipis dan Daun Sirih

Dana untuk pembuatan itu difasilitasi Kepala Puskesmas Toari dan Lurah Ranomentaa. Untuk itu ia berharap pemerintah Kecamatan Toari juga membantu agar hasilnya nanti lebih banyak lagi.

“Tidak lagi hanya menyediakan cairan, tapi juga langsung dengan botol parfumnya untuk diantar di rumah masyarakat,” katanya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang berkunjung langsung ke tempat pembuatan, mengapresiasi hal itu.

“Terima kasih karena pemuda Toari sudah mau bergerak dalam hal kebaikan untuk masyarakat kecamatan Toari,” tuturnya. (A)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda