Pemda Kolaka Kelola IPA Berkapasitas 40 Liter Per Detik

Reporter : Taswin Tahang

KOLAKA – Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (PPW) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan hak kelola Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kelurahan Lalombaa, Kecamatan Kolaka, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka.

Kepala Balai PPW Sultra, Mustaba menjelaskan, Pemkab Kolaka saat ini dapat memanfaatkan IPA, sehingga dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat dalam pelayanan air bersih.

“Kapasitas ini 40 liter per detik kalo kita asumsikan 10 liter per detik bisa melayani seribu kepala keluarga (KK), berarti air ini bisa melayani kurang lebih 4 ribu KK di Kabupaten Kolaka,” jelasnya, Rabu, (15/1/2020).

Mustaba menuturkan, dengan kecepatan tersebut maka kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kolaka dapat melayani, setidaknya seperempat dari seluruh jumlah total penduduk.

Fortune

“Kalau kita kali lima per satu KK berarti 20 ribu jiwa. kalau saya tidak salah penduduk Kabupaten Kolaka ini hanya 60 ribu jiwa berati sekitar 35 sekian persen bisa dilayani,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei mengungkapkan, hari ini istimewa karena dapat menerima aset dari Kementerian PUPR, untuk dimanfaatkan dalam rangka pelayanan air bersih untuk masyarakat.

“Ini kapastiasnya 40 liter per detik, sekarang persoanalnya bagaimana kita salurkan air ini sampai ke masyarakat yang menjadi tugas kita bersama,” jelas H. Ahmad Safei.

Ia juga berharap, IPA yang bernilai Rp 16 milyar tersebut dapat dijaga dengan baik sehingga dapat digunakan selama 25 sampai 30 tahun sesuai perkiraan atas kemampuan konstruksi dan peralatan.

“Mari kita jaga ini aset, kita jaga dengan baik agar bisa dimanfaatkan. Kemudian semua sambungan pipa nantinya dapat melalui petugas, sehingga dapat dimanfaatkan kurang lebih empat ribu KK. Karena ini dibangun untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI