ODP Corona Bertambah, Gugus Tugas Imbau Warga Luar Daerah Tidak Datang ke Kolaka

Reporter: Sulyamin

KOLAKA – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona di Kabupaten Kolaka terus bertambah. Dari jumlah 46 ODP per Jumat 27 Maret 2020, kini menjadi 50 ODP per Sabtu 28 Maret 2020.

Terkait penambahan ini, Juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris menjelaskan, penambahan jumlah ODP itu terjadi setelah masuknya sejumlah orang dari sejumlah daerah.

“Banyak orang luar masuk Kolaka, tapi mereka sadar dan cepat melaporkan diri ketika ada gejala dan tidak berdiam diri sehingga kami bersama tim cepat melakukan tindakan,” kata dr Aris.

Untuk itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kolaka ini meminta warga di luar daerah untuk tidak datang ke Kabupaten Kolaka di masa darurat peredaran Corona.

“Kami menghimbau warga yang terlanjur di luar Kolaka kalau bisa jangan dulu ke Kolaka tinggallah di tempat masing-masing di rumah sampai kondisi ini membaik,” kata dr Aris.

Namun, bagi yang sudah terlanjur datang ke wilayah Kolaka Ia meminta dengan kesadaran diri untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sampai jangka waktu 14 hari.

“Daya tahan tubuh terus dijaga dengan berprilaku hidup bersih sehat dan selalu terkena sinar matahari pagi juga mendengar imbauan pemerintah Kabupaten Kolaka,” tutupnya.

Berdasarkan data tim gugus tugas Covid-19 Kolaka, update jumlah ODP per wilayah kecamatan yaitu, Kolaka 13 ODP, Latambaga 8 ODP, Kolakaasi 2 ODP, Toshiba 1 ODP, Wolo 4 ODP, Iwoi Mendaa 1 ODP, Wundulako 2 ODP, Pomalaa 5 ODP, Tanggetada 1 ODP, Polinggona 10 ODP, Watubangga 1 ODP, dan Kukutio 2 ODP.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda