Kades dan Lurah Diminta Proaktif Tanggulangi Corona

Reporter: Sulyamin

KOLAKA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa (PMD) Kabupaten Kolaka meminta Kepala Desa (Kades) dan Lurah pro aktif dalam membantu penanganan dan pencegahan virus Corona.

Sekertaris DPMD Kabupaten Kolaka, Rahmat Hidayat menjelaskan, pihaknya akan mempresure perubahan anggaran untuk mempercepat proses penanganan covid-19 di desa dan kelurahan.

“Jadi kami sementara mencarikn format karena kami juga berkomuniksi dengan  gugus tugas Kabupaten Kolaka, harus ada langkah yang betul-betul proaktif ada inovatif dari desa,” ujarnya.

Mantan Camat Polinggona ini juga berharap desa bisa menyiapkan regulasi dan penyediaan sarana prasarana, sehingga tidak terfokus pada penyediaan disinfektan atau alay cuci tangan saja.

“Tetapi ada juga upaya-upaya seperti edukasi kemudian melakukan upaya pemantauan orang datang  dan pemantauan orang keluar dengan membuat posko terpadu,” tambahnya.

Dijelaskanya juga, dengan adanya dana covid-19 di desa dan kelurahan, maka mudah untuk memutus mata rantai penyebaran covid -19. Ia juga berpesan untuk tidak membuat program yang sifatnya ikut-ikutan.

“Harus melihat dulu skala prioritasnya  dengan membuat posko di tiap desa, dan harus berkoordinasi dengan gugus tugas penanganan covid, tenaga kesehtan, babinkamtibmas, pendmping desa, gemari, dusun juga hrus aktf,” ujarnya.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda